Minggu, 04 Desember 2011

7 menit yang berharga


Alkisah suatu hari demi menuntaskan skripsi, saya berniat menghubungi salah satu narasumber untuk interview. Dibantu mb Kristin dari Percik akhirnya saya terhubung dengan beliau, seorang pejabat kepolisian yang notabene tidak saya kenal. Hari itu pagi pukul 10 saya mendapat sms yang isinya menyatakan bahwa beliau  kebetulan hari ini sedang ada acara teleconference di Polresta Solo dan saya diminta menemui disana jam 14.30. Giranglah hati saya mendengarnya,, hehee,, (tapi nggak pake acara loncat-loncat, cuma senyum-senyum aja). Langsung deh saya mandi dan bersiap-siap. Jam 14.00 saya tiba di Polresta eh lebih tepatnya di sebelah Polresta, tempat es buah dan es degan, ceritanya sambil menunggu jam kencan saya mau nunggu sambil ngadem minum es.  Tepat jam 14.30 saya masuk Polres, beliau sms dan saya di suruh ke ruang wakapolres, maka saya bertanya pada polisi dimana ruangan wakapolres sambil menceritakan tujuan kedatangan saya.  Saya diminta naik ke lantai atas. Sampai di lantai atas tepat di depan tulisan ruang wakapolres saya didatangi polwan dan singkat cerita saya disuruh turun ke bawah dan menunggu sampai di panggil. Usut punya usut ternyata acara teleconference molor. Alhasil waktu itu saya menunggu di lobi sampai jam 17.00. Menunggu seorang diri di tempat asing bisa dibayangkan bagaimana rasanya, hiburan saat itu hanya HP. Jadilah saya main angry bird sambil menunggu. Sampai akhirnya beliau sms saya bilang kalau menunggunya di best western saja karena beliau dan keluarganya menginap disana. Tadinya saya pikir mau pulang saja dulu, mandi dan makan karena tubuh sudah lengket dan perut sudah minta diisi,, eh ternyata beliau sms :: 15 menit lagi ditunggu disana. Akhirnya saya meluncur ke best western, dan sampai sana ... krik.. krik... hotelnya sepi... Dan setelah itu sms saya tdk dbls. Walau agak kecewa tp agak terhibur dengan desain hotelnya, banyak banget tempat yang asyik buat foto-foto,, pas giliran mau foto,, hp nya ngedrop,, haduuhh.... Saya masih setia nunggu,, sampai akhirnya sebel juga tdk diberi kabar,, waktu itu sempet sms agak tegas dan akhirnya dibales,, "saya sedang makan nasi liwet",, haduuuh,,, rasanya campur aduk,, capek iya,, bete iya,, laper apalagi... Saya sms lg tanya ke hotel jam brp dan tdk dbls akhirnya karena tidak ada konfimasi lagi,, istilahnya saya digantung,, nggak diterima nggak ditolak... Karena capek tubuh capek hati,, jam 21.00 saya putuskan menyerah, pulang ke rumah... Malemnya saya mengadu sm Tuhan,, saya saat itu begitu kecewa karena ekspektasi yang terlalu tinggi,, tapi setelah itu saya bisa memahami bahwa pastilah beliau ini orang penting dan banyak yang diurusi. Maklumlah pejabat. Malam itu saya tidur nyenyak dan paginya sekitar  pukul 09.00 hp saya berbunyi dan memunculkan nama beliau. Woow,, saya terkejut,, beliau meminta maaf karena kemarin teleconference yang molor membuat jadwalnya berantakan hingga tak bisa menemui saya dan menjanjikan esok harinya akan menyediakan waktu untuk wawancara jam 08.00.

Keesokan harinya saya berangkat dari rumah pagi-pagi benar, masih mengantuk sekali tapi apa boleh buat saya ada janji dengan pejabat jam 8 pagi pikir saya. Sampai disana jam 8 tepat dan disana sedang diadakan apel pagi. Lalu saya mlipir ke warung soto dan ngeteh dulu. Jam 8.30 apel selesai. Saya masuk, menemui provos dan diminta menunggu karena tamu beliau sudah banyak. Alhasil saya menunggu di provos sampai jam 9.45. Setelah itu beliau sms saya diminta masuk ke ruangan. Tapi sebelum masuk saya dicegah oleh asprinya katanya beliau ada tamu penting. Saya perlihatkan sms yang masuk ke hp saya lalu mereka mengecek nomornya dan ternyata terbukti benar saya sudah di sms disuruh masuk tapi mereka tidak berani memasukkan saya ke ruangan karena memang saat itu sedang banyak tamu, saya bisa dengar jelas suara perbincangan dan tawa mereka. Saya lalu sms menginformasikan kalo saya diluar dan diminta menunggu diluar. Lalu sekitar jam 10.30 ada orang keluar dari ruangan dan menyuruh saya masuk, ternyata dialah orang yang saya tunggu-tunggu sejak 2 hari lalu,, hahaha... Giranglah hati saya,, tapi ternyata harus ditahan dulu karena saya diterima masuk semetara disitu masih banyak tamu,, dan itu berarti interview belum bisa dimulai.. Jadilah saya, beliau, dan tamu-tamunya bercakap-cakap tentang pemerintahan, idealisme, dan harapan bagi bangsa. Memang nggak nyambung sama skripsi saya tapi pembicaraan saat itu cerdas. Saya tidak kecewa. Setelah tamu-tamu itu pulang dalam hati saya menjerit YES!! tapi ternyata ada tamu yang baru datang ke ruangan,, alhasil ngobrol lagi,, eh lebih tepatnya kalau yang ini mendengarkan obrolan. Disela-sela menerima tamu akhirnya saya mendapat kesempatan bertanya setelah beliau membuka percakapan tentang polmas, karena saya nggak berani donk nyela pembicaraan sebelumnya jadi ya nunggu... Dan saya mendapatkan waktu 7 menit untuk wawancara... Karena beliau sendiri yang mengakhirinya.. Tapi saya bersyukur untuk 7 menit yang berharga,, hahahaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar